Rabu, 29 Juni 2016

Transformasi Cara Orang Berbelanja Dari Masa Ke Masa

Oryzaonline.com - Bagi kamu yang hidup di jaman sekarang ini semuanya akan terasa mudah, termasuk untuk berbelanja, namun tahukah kamu orang jaman dulu berbelanja di mana? ya orang pada jaman dulu belanja di Pasar Tradisional atau di Toko-toko.

Oke kali ini Oryzaonline mau flashback dulu nih bagaimana kita dulu berbelanja sebelum hadirnya toko online, Simak di bawah ini ya.

1. Pasar Tradisional

Menurut buku yang saya baca pasar tradisional adalah pasar yang pelaksanaannya bersifat tradisional, tempat bertemunya penjual dan pembeli, terjadinya kesepakatan harga dan terjadinya transaksi setelah melalui proses terjadinya tawar menawar, pasar tradisional sampai sekarang masih ada, mungkin kamu juga pernah nih ke pasar tradisional, biasanya sih di pasar tradisional banyak kebutuhan bahan pokok sehari-hari, kaya misalkan sayuran, daging, beras dan masih banyak lagi deh.


Salah satu pasar yang unik di Indonesia adalah pasar terapung, pasar terapung ini terletak di persimpangan Muara Kuin dan sungai Barito Banjarmasin, keunikan pasar ini mencerminkan budaya Banjar, jadi inget dulu ya iklan di salah satu stasiun tv swasta, ada nenek-nenek jualan di pasar terapung dan kemudian mengacungkan jempol.

2. Pasar Modern




Mungkin kamu tidak asing lagi nih dengan pasar yang satu ini yaitu pasar modern, pasar ini biasanya ada di perkotaan dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- Tidak bisa tawar menawar harga
- Harga sudah tertera di barang yang di jual dan umumnya di beri barcode
- Barang yang di jual beraneka ragam dan memiliki kualitas yang baik
- Berada dalam bangunan dan ruangan
- Layanan yang baik dan biasanya memuaskan
- Tempat bersih dan nyaman, ruangan ber-AC
- Tata tempat yang rapih supaya konsumen atau pembeli dapat dengan mudah menemukan barang yang mau di beli
- Pembayaran dilakukan dengan membawa barang ke kasir dan tentunya tidak ada tawar menawar lagi.

Ada beberapa alasan orang untuk berbelanja di pasar modern yaitu karna memiliki tempat yang sangat nyaman.

Sejarah Pasar Modern

Pada awalnya para pedagang eceran meletakan semua dagangannya di belakang meja panjang, sehingga penjaga tokolah yang harus melakukan semuanya dari mulai memilih, menimbang, membungkus dan lain-lain, sistem seperti ini kurang efektif karena sangat lambat.

Kemudian pengusaha Clarence Saunders mengembangkan sistem Self-Service, jadi sistem Self-Service ini adalah sistem berbelanja yang ada di supermarket hingga saat ini yaitu pembeli memilih barang yang mau di beli kemudian membawanya ke kasir untuk membayar.

3. Toko Online

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin canggih kini belanja pun tidak perlu lagi ke luar rumah, semua bisa di lakukan secara online.


Tahukah kamu dulu internet di larang di gunakan untuk tujuan komersil loh dan pada akhirnya tahun 1991 NSF menghapus larangan tersebut, Pizza Hut lah perusahaan pertama kali yang membuat toko online, dan pada tahun 1995 Amazone muncul sebagai toko buku online.

Hingga saat ini telah banyak sekali toko online yang bermunculan, di Indonesia sendiri ada hari yang di peringati buat belanja online namanya Harbolnas atau hari Belanja Online Nasionan.

Dengan munculnya Toko online atau pun pasar modern ada baiknya kamu lebih bisa mengontrol untuk berbelanja ya, belanjalah sesuai kebutuhan.


EmoticonEmoticon