Kamis, 03 November 2016

Klarifikasi Bukalapak Mengenai Riset Opera


Baru baru ini ada sebuah riset dari Opera yang menyebutkan Bukalapak dan kurang lebih 60 aplikasi toko online lainnya membocorkan data penggunanya, CEO Bukalapak Achmad Zaky menyebutkan bahwa data di Bukalapak di jamin aman.

Semua data Bukalapak diamankan lewat protokol HTTPS, sehingga data pribadi pengguna dienkripsi dan tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Baik melalui jaringan seluler maupun Wi-Fi publik," ujar Zaky yang di kutip dari Liputan6.com.

Zaky juga menuturkan mengumpulkan data pengguna Bukalapak bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat berbelanja, semua data di gunakan untuk keperluan internal, dan semua data itu tidak mengandung data sensitif seperti nomer rekening bank atau informasi mengenai kartu kredit.

Bukalapak juga bekerja sama dengan payment gateway yang menerapkan standar keamanan PCI DSS yang menjamin data pembayaran pengguna tidak akan bocor ke pihak lain.

Sebelumnya, pihak Opera menjelaskan bahwa studi yang mereka lakukan adalah dengan cara mengaktifkan modus privasi di Opera Max 2.2, yang bisa di unduh di Google Play Store.

Opera berharap, dengan adanya riset ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait isu privasi online, bukan untuk menyelidiki bagaimana para penyedia aplikasi eCommerce mempergunakan data dari tracker.


EmoticonEmoticon